Rabu, 07 Desember 2016

Wagub.Warning Sangadi Tentang Penggelolaan Dana Desa.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara  Drs Steven O.E Kandouw membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dana Desa  bertempat di Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu rabu (7/12) kemarin.

Dalam sambutan Wagub mengatakan supaya mempergunakan Dana Desa sesuai dengan peruntukannya karena Desa adalah ujung tombak pembangunan di daerah.

Menggingat kabupaten Bolmong kategori fiskal indeks pembangunan manusia  paling rendah  dibanding dengan kabupaten kota pemekaran di bumi totabuan.

Sudah menjadi tekad Bapak Gubernur  bagaimana  mensejahterahkan masyarakat Bolmong meningkatkan potensi SDM  dan merebut kejayaannya seperti dulu, pemanfaatan dana Desa itu harus betul betul efektif dan Sustianable ( berkelanjutan).

Bagaimana Desa mencari formula atau cara untuk  untuk mendapatkan/meningkatkan  PAD  untuk itu harus melibatkan semua seperti tokoh agama,masyarakat dan semua elemen yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bolmong.

Jangan pernah ada dipikiran untuk menyalahgunakan Dana Desa lebih baik " Tidur Enak Daripada Makan Enak". Kata Kandouw.

Dalam kesempatan itu Wagub juga mengingatkan untuk mensukseskan pilkada di Bolaaang Mongondow tutup Kandouw

Penjabat Bupati Bolmong  Nikson Watung mengatakan dari 200 desa di bolmong  total  anggaran Dana Desa  tahun 2016 sebesar Rp 119.867.236.000 ,- Pagu Dana Desa tahap 1 sebesar Rp.71.920.332.950,- dan yang telah disalurkan ke 200 desa dengan total penyaluran 100%..
Sedangkan pagu Dana Desa Tahap 2 sebesar Rp.47.946.394.400,- minggu pertama bulan desember telah disalurkan ke- 167 desa sebesar Rp.40.024.668.414-, dan  yang belum.disalurkan di 33 desa sebesar 7.922.234.636-, karena belum mengajukan permintaan penyaluran serta sementara melengkapi  persyaratan administrasi untuk pencairan dana desa tahap 2.  ungkap Watumg.


Kepala Badan  Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa P  melaporkan maksud dan tujuan rapat ini menjadi wadah sinkronisasi  dan senergitas pemerintah sebagai penerima manfaat  guna optimalisasi dana desa tahun 2016, sharing informasi meningkatkan peran pemerintah memantapkan dan memperkuat komitmen membangun desa melalui fasilitas dalam bentuk program  dan dukungan dana yang memadai.


Yang hadir dalam acara tersebut Kepala BPKP Perwakilan Sulut Sihar Pandjaitan dan pejabat esolon 2 di lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Bolaang Mongondow. Humas Pemprov Sulut)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar