Kamis, 23 November 2017

Gubernur Olly Hadiri Pencanangan Germas Sapa di TMII

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menghadiri pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (Germas Sapa) di Tugu Api, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Kamis (23/11/2017) pagi.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membuka langsung acara tersebut.

Dalam sambutannya, Menko Puan mengapresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang telah menginisiasi Germas Sapa sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesadaran akan pangan aman guna meningkatkan derajat masyarakat hidup sehat.

Menurut Puan, keberhasilan dari Germas Sapa selain dilakukan oleh kementerian dan lembaga melalui kampanye yang telah dilaksanakan, juga memerlukan inisiatif dari masyarakat untuk mensukseskan gerakan ini. Saat ini perkembangan produk industri pangan olahan mengalami peningkatan yang pesat dan menjanjikan.

Namun, perkembangan pasar produk olahan tersebut tidak diikuti dengan jaminan aspek keamanan pangan karena sering kali lebih mementingkan aspek keuntungan. Karena itu, Menko PMK berpesan agar jajanan atau makanan yang dijual di pinggiran jalan juga mengutamakan aspek kesehatan.

"Bagaimana caranya supaya makanan tersebut tetap enak namun tetap sehat. Ini yang paling penting. Karena kalau mereka dilarang berjualan artinya kita menghentikan penghasilan mereka. Tentu itu tidak menyelesaikan masalah," tutur Puan.

Menurutnya, yang terpenting dari Germas Sapa adalah edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Puan mendorong BPOM untuk selalu melakukan sosialisasi dan edukasi secara lebih luas dan intensif.

Pada kesempatan itu, Menko Puan turut mengajak seluruh stakeholder agar turut mengawasi produk makanan mulai dari produksi, peredaran sampai pada konsumsi.

"Dimulai dari diri sendiri, kemudian diterapkan dalam keluarga dan masuk dalam kehidupan sehari-hari. Saya canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan pada hari ini. Mari bergerak bersama menuju Indonesia sadar pangan aman," kunci Puan.

Usai memberikan arahan, Menko PMK melakukan acara seremonial tumbuk lesung sambil didampingi oleh Gubernur Olly, Kepala BPOM, Ketua Umum PP Bhayangkari dan Ketua Umum Penggerak PKK Pusat.

Pencanangan itu turut dihadiri Wagub Sulawesi Barat, Enny Anggraini, para tokoh agama, pelajar dan masyarakat. (BerSin) (Humas Pemprov Sulut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar