Sabtu, 21 April 2018

Ibu Rita Ikuti Peringatan Hari Kartini di Istana Bogor

Ketua TP-PKK Sulawesi Utara Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menghadiri peringatan Hari Kartini di halaman belakang Gedung Induk Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu (21/4/2018) pagi.

Kegiatan yang bertema Perempuan Indonesia yang Menginspirasi itu dipimpin langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu juga diikuti Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla serta para istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase KK).

Hadir juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Lingkungan dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak Yohana Yembise. Mereka kompak menggunakan seragam kebaya.

Acara peringatan Hari Kartini itu diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu Ibu Kita Kartini. Acara dilanjutkan dengan penayangan kegiatan OASE KK dan penyerahan penghargaan.

Peringatan Hari Kartini itu juga diisi dengan persembahan seni budaya dan peragaan busana, peninjauan bazar dan ramah tamah.

Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini Nora Tristyana Ryamizard Ryacudu mengatakan rangkaian peringatan Hari Kartini sudah dimulai sebelumnya. "Kegiatan pendukung, kami melaksanakan bakti sosial dan penanaman pohon," ucapnya.

Selain itu, rencananya, akan digelar lomba lari Kartini Run, Minggu besok, yang pesertanya didominasi wanita. "Ada pula wawancara dengan perempuan hebat di Indonesia yang dilakukan oleh Ibu Iriana," ujarnya.

Diketahui, R.A. Kartini merupakan salah satu pahlawan wanita Indonesia yang rela berjuang untuk rakyat Indonesia di masa penjajahan. Beliau adalah wanita terdidik yang memiliki harapan atas kesamaan gender. Di masa itu memang wanita tidak dihargai, tidak boleh mendapatkan pendidikan yang layak hanya tugasnya harus di rumah mengurus suami, anak dan memasak.

Kemudian R.A. Kartini berjuang agar wanita tidak ditindas dan bisa sejajar dengan pria lewat sebuah perjuangannya yang menyuarakan kebenaran. Beliau memang wanita cerdas yang pemberani hingga semua yang dilakukan memberi arti yang sangat besar bagi wanita Indonesia sampai saat ini. (Humas Pemprov Sulut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar